Susun RKPD 2023, Wabup Musirawas Buka Forum Diskusi Perangkat Daerah

    Susun RKPD 2023, Wabup Musirawas Buka Forum Diskusi Perangkat Daerah

    MUSIRAWAS SUMSEL - Wakil Bupati (Wabup) Musirawas Hj Suwarti Burlian membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah (FPD), Kamis (24/2/2022). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Musirawas itu, dihadiri semua OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Musirawas guna menyusun RKPD Tahun 2023. 

    Dalam sambutannya, Wabup Hj Suwarti Burlian menyambut baik adanya FPD RKPD ini, sebab ini mempunyai peran penting dalam pembangunan dan kemajuan Kabupaten Mura.

    "Dimana, tahapan usulan pembangunan tersebut melalui usulan musrenbang, mulai dari Desa/Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten Mura, " kata Hj Suwarti sapaannya.

    Hj Suwarti menjelaskan, tentunya dengan FPD RKPD berharap bukan hanya seremonial, tetapi memang menghasilkan kesepakatan bersama terutama skala prioritas dalam meningkatkan pembangunan agar Kabupaten Mura lebih baik guna mewujudkan Musi Rawas Mantab.

    "Hanya saja, semua usulan tentunya, tidak semua bisa terakomodir, namun ada skala prioritas yang memang urgent yang bisa direalisasikan, " jelas istri Alm H Burlian.

    Lebih lanjut, Wabup menjelaskan, tentunya usulan musrenbang tidak lepas dari empat prioritas yakni, infrastruktur, pemulihan kemiskinan, peningkatan SDM dan peningkatan pelayanan publik.

    Dibidang Infrastruktur, artinya berusaha semaksimal mungkin infrastruktur harus berkualitas dan merata, dibidang pemulihan kemiskinan, tentunya saat ini kemiskinan disetiap wilayah berpengaruh karena akibat Covid 19, oleh sebab itu bagaimana membangkitkan, mengurangi kemiskinan.

    "Seperti, musibah yang baru dialami di Terawas, adanya musibah puting beliung, maka pemerintah mulai dari pedesaan, kelurahan dan kecamatan silakan rapat dan musyawarah apa yang harus diperbuat dan diberikan untuk membantu mengurangi beban warga kita tersebut, " papar wanita yang telah menjabat Wakil Bupati Mura dua periode ini.

    Kembali, Wabup menjelaskan, peningkatan SDM, artinya SDM harus ditingkatkan khususnya OPD sesuai dengan tempat kedinasan dan terakhir pelayan publik, harus menciptakan pelayanan publik yang bersih dan prima seluruh sektor, khususnya pelayanan untuk masyarakat jangan sampai ada keluhan masyarakat khususnya tentang dinas.

    "Namun, tetap tidak lepas dari infrastruktur juga yang paling utama, apalagi saat ini usia Mura cukup tua, maka dari itu baik jalan dan jembatan. Hal tersebut juga didengar dari suara rakyat, tidak lepas dari infrastruktur, maka dari itu kiranya untuk diprioritaskan, apalagi jalan dan jembatan digunakan untuk akses perekonomian masyarakat, " tutupnya

    Sementara itu, Kepala Bappeda Musirawas Kgs Effendi Ferry mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Dimana kegiatan ini pada hari pertama dilakukan beberapa paparan seperti penyampaian hasil reses/pokok pikiran DPRD Musirawas, paparan kebijakan Pemkab Musirawas terkait program dan kegiatan prioritas Tahun 2023, Paparan Proyeksi APBD, Proyeksi PAD serta paparan dari masing-masing OPD. 

    Kepala Bappeda Kabupaten Mura, Kgs Effendy Ferry saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa FPD RKPD ini merupakan amanat UU Nomor 25 Tahun 2024, tentang Sistem Perencaan Pembangunan Nasional dan hari ini dibuka langsung oleh, Wabup, Hj Suwarti.

    "Dan, hari ini dimulai FPD RKPD, setelah dilakukan musrenbang mulai tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan. Namun untuk tingkat kabupaten akan digelar, usai pelaksanaan FPD RKPD, " kata Effendy Ferry.

    Ferry sapaanya menjelaskan, FPD RKPD digelar selama tiga hari mulai, Kamis (24/2/), Jumat (25/2), hingga Selasa (1/2/2022). Hari ini pemaparan sekaligus pembahasan oleh OPD terkait mengenai infrastruktur, kemudian dilanjutkan, kemiskinan, SDM hingga pelayanan publik.

    "Maka oleh sebab itu, adanya FPD RKPD ini pembahasan program untuk tahun 2023, apa yang diinginkan dan diusulkan khususnya infrastruktur pada hari ini, baik jalan dan jembatan, bisa terlaksana dan terealisasi, " singkatnya. (LK/dod)

    FGD RKPD Musirawas Sumsel
    Dodi Chandra

    Dodi Chandra

    Artikel Sebelumnya

    Izin Pendirian Terbit, Institut Teknologi...

    Artikel Berikutnya

    Mabiran dan Pengurus Pramuka Kwaran Tugumulyo...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 176

    Postingan Tahun ini: 1103

    Registered: May 24, 2021

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 173

    Postingan Tahun ini: 1679

    Registered: Jul 16, 2020

    Maskuri

    Maskuri

    Postingan Bulan ini: 122

    Postingan Tahun ini: 224

    Registered: Mar 9, 2022

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 83

    Postingan Tahun ini: 222

    Registered: Jul 9, 2020

    Profle

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Empat Warung dan Ruko Terbakar, Kapolres Tinjau Lokasi Kebakaran dan Serahkan Bantuan
    Alumni SMP Ralla Halal Bi Halal, Angkatan 1998 Didaulat Jadi Panpel Reuni Akbar 2023
    Viral Video Diduga Oknum Kades di Pesawat, LAKI Barru Angkat Bicara
    Ketua DPD JNI Barru Hasyim Apresiasi Erwin Wijaya Salurkan Donasi Ke Imam Mesjid Bette

    Follow Us

    Recommended Posts

    Sudin Minta Kementan Buka Data Asal Muasal Penyebaran PMK
    Puan Maharani: Awasi Ketat Harga Minyak Goreng di Pasaran!
    Fadli Zon: GOPAC Kembangkan Buku Panduan Capai SDGs
    Fadli Zon inginkan SDGs Terwujud Hingga Tingkat Desa
    Akan Undang Mendag, Andre Rosiade: Pastikan Program Minyak Goreng Rakyat Terdistribusi dengan Baik