Bupati Minta Musrenbang Sukseskan 9 Program Mura Mantab

    Bupati Minta Musrenbang Sukseskan 9 Program Mura Mantab

    MUSIRAWAS SUMSEL - Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Macmud, menghadiri secara langsung Musrenbang Kabupaten Mura Tahun 2022, Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, di Auditorium Pemda Mura, Jumat (1/3/2022).

    Musrenbang mengusung tema, "Peningkatan Infrastruktur untuk Musi Rawas Mantab". Dihadiri juga, Ketua TP PKK Kabupaten Mura, H Riza Novianto Gustam, Kajari Lubuklinggau, Willy Ade Chaidir, Ketua DPRD Mura, Azandri, Wakapolres Mura, Kompol Willian Harbensyah, Danramil Tugumulyo, Kapten Inf Rozali serta dihadiri sekaligus narasumber Dirjen Keuangan Daerah, Dr Agus Fatoni secara video confrance (zoom meeting).

    Dalam kesempatan itu, Kepala Bappeda Kabupaten Mura, H Kgs Effendi Ferry dalam kesempatan itu, memberikan sambutan sekaligus arahannya, pelaksanaan Musrenbang digelar sesuai dengan peraturan UU Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem pembangunan nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007 tentang perencanaan pembangunan desa.

    "Oleh sebab itu, musrenbang ini digelar sesuai dengan peraturan uu dan mendagri, dengan tujuan pembangunan daerah, khususnya Kabupaten Mura, " kata Kgs Effendi Ferry

    Effendy Ferry menjelaskan musrenbang ini bertujuan diantaranya, pertama menyepakati rancangan RKPD 2023, kedua memperoleh masukan dan saran untuk penyempurnaan rancangan RKPD 2023.

    "Artinya, secara serta-merta untuk pembangunan Kabupaten Mura agar lebih baik, " jelasnya.

    Sementara itu, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud dalam sambutannya menyambut baik musrenbang ini, kegiatan ini merupakan suatu tahapan dalam melakukan pembangunan pemerintah khususnya Kabupaten Musi Rawas.

    "Jadi, saya harap, kegiatan ini bukan hanya seremonial, namun ada skalaprioritas yang benar-benar harus dicapai, " kata Bupati.

    Bupati menjelaskan, selain itu kiranya musrenbang dilaksanakan dengan baik, apalagi saat ini anggaran pembangunan di Kabupaten Mura saat ini terbatas, maka kiranya usulan harus efesien serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan mempertimbangkan keuangan daerah.

    "Namun, kembali lagi bertujuan musrenbang RKPD 2023 selaras dengan pembangunan daerah, provinsi dan nasional, " kata bupati.

    Bupati menjelaskan, usulan program dan pembangunan disusun secara kropehensif mulai dari 2021 hingga 2026 Musi Rawas Mantab, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang akan lebih mudah introgasi secara terpadu, baik selektif mungkin.

    Mengenai 9 program insyallah akan terealisasikan, jalan mulus hingga kedesa sudah mulai dilakukan, mendirikan rumah tahfiz berikut dengan izinnya, saat ini sudah ada 50 yang telah didirikan, lalu sekolah gratis hal tersebut juga sudah dilakukan berikut dengan seragam gratis bagi yang tidak mampu.

    Lalu, santunan kematian hal tersebut juga sudah dilakukan salah satunya pada hari ini, bantuan rumah ibadah itupun juga sudah dilakukan, begitu juga dengan Pure, hari inipun akan diberikan bantuan.

    Dan, pada tahun ini, akan ada 70 unit Mobil Ambulance, dimana 35 unit mobil akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan 35 unit dari DD, hal itupun sudah dikoordinasikan dengan kades dan kadespun siap.

    “Begitu juga dengan alat berat, tahun ini ada tiga unit alat berat, jadi bagi warga yang buka lahan dengan luas maksimal dua hingga hektare boleh menggunakannya, namun tidak diperbolehkan melebihi luas tersebut, dalam artinya kalau melebihi luas tersebut bukan lahan untuk pribadi melainkan membuat perkebunan ataupun perusahaan, ” papar Bupati Mura.

    Bupati menambahkan, oleh sebab itu, selama menjabat Bupati Mura, mohon bantuan dukungan, sufortnya agar bisa terealisasi janji-janji saya bisa tuntas.

    “Namun, selain janji saya, untuk mewujudkan Musi Rawas Mantab (Maju, Mandiri, Bermartabat), ini untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Mura serta pembangunan Mura, lebih baik lagi, ” tutup wanita yang pernah menjabat Direktur PDAM Tirta Bukit Sulap ini.

    Disela pelaksanaan musrenbang, dilakukan pengumuman pemenang penilaian Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL), meliputi tim penilai diantaranya, Bappeda, Dinkes, DLH, Disperkim, Dinas PU Cipta Karya, dimana telah digelar selama tiga tahun ini berturut-turut.

    Juara pertama diraih, Desa Tegal Rejo, juara kedua Desa Muara Beliti Baru, dan juara ketiga Desa Tambangan. Serta, dilaksanakan pelaksanaan kenaikan pangkat 680 ASN dilingkungan Kabupaten Mura, namun secara perwakilan sebanyak tiga ASN SK kenaikan pangkat diserahkan langsung oleh bupati didampingi Forkompinda. (lk/dod)

    Mura Musirawas Sumsel Musrenbang
    Dodi Chandra

    Dodi Chandra

    Artikel Sebelumnya

    DPRD Musirawas Sepakat Raperda PSPUP dan...

    Artikel Berikutnya

    Sedekah Ramadhan, Polres Mura Bagi-bagi...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 176

    Postingan Tahun ini: 1103

    Registered: May 24, 2021

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 173

    Postingan Tahun ini: 1679

    Registered: Jul 16, 2020

    Maskuri

    Maskuri

    Postingan Bulan ini: 122

    Postingan Tahun ini: 224

    Registered: Mar 9, 2022

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 83

    Postingan Tahun ini: 222

    Registered: Jul 9, 2020

    Profle

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Empat Warung dan Ruko Terbakar, Kapolres Tinjau Lokasi Kebakaran dan Serahkan Bantuan
    Alumni SMP Ralla Halal Bi Halal, Angkatan 1998 Didaulat Jadi Panpel Reuni Akbar 2023
    Viral Video Diduga Oknum Kades di Pesawat, LAKI Barru Angkat Bicara
    Ketua DPD JNI Barru Hasyim Apresiasi Erwin Wijaya Salurkan Donasi Ke Imam Mesjid Bette

    Follow Us

    Recommended Posts

    Sudin Minta Kementan Buka Data Asal Muasal Penyebaran PMK
    Puan Maharani: Awasi Ketat Harga Minyak Goreng di Pasaran!
    Fadli Zon: GOPAC Kembangkan Buku Panduan Capai SDGs
    Fadli Zon inginkan SDGs Terwujud Hingga Tingkat Desa
    Akan Undang Mendag, Andre Rosiade: Pastikan Program Minyak Goreng Rakyat Terdistribusi dengan Baik